Tips Berwisata di Jogja Untuk Backpacker

Tips Berwisata di Jogja Untuk Backpacker

Backpacker adalah sebutan bagi wisatawan yang memutuskan untuk melakukan perjalanan wisatanya sendiri dan biasanya memiliki budget yang terbatas. Mereka memilih untuk memilih sendiri tempat-tempat yang mereka inginkan tanpa harus mengikuti itinerary dari agen tour. Banyak sekali backpacker yang datang ke Jogja karena kota ini merupakan salah satu kota pariwisata terbaik yang ada di Indonesia. Banyak tempat-tempat wisata yang ada di Jogja dan sekitanya. Selain itu pilihan tempat wisatanya juga lengkap mulai dari wiasta alam, wisata budaya, wisata sejarah, wiasta kuliner, dan wisata lainnya. Lokasinya yang strategis juga membuat Jogja menjadi pilihan bagi para wisatawan. Menjadi backpacker di Jogja tidaklah sulit karena di kota ini juga mengakomodir wisatawan tipe ini.  Berikut tips kepada para backpacker yang ingin berwisata ke Jogja, semoga berguna:

  1. Hotel Murah

Bagi para backpacker yang dananya terbatas tentu memilih untuk menginap di penginapan yang murah meriah. Di Jogja terdapat puluhan hotel dari berbagai bintang dari bintang 1 hingga bintang 5. Selain itu terdapat pula motel atau guest house yang tersebar di kota ini. Backpacker bisa bermalam di penginapan tersebut karena harganya yang relatif terjangkau dengan fasilitas yang nyaman. Untuk menekan budget backpacker bisa mencari penginapan yang jauh dari pusat kota yang tarifnya jauh lebih murah. Namun jika ingin menginap di tengah kota harus siap-siap mengeluarkan kocek yang lebih.

  1. Transportasi

Saat ini di Jogja sudah dihubungkan dengan moda transportasi umum yaitu Transjogja. Hanya dengan Rp. 3.500,- wisatawan bisa berkeliling kota Jogja dan sekitarnya. Untuk beberapa objek wisata yang berada di dalam kawasan kota sudah bisa diakses mengunakan Transjogja seperti Kraton Yogyakarta, Malioboro, Tugu Jogja, dan lainnya. Untuk objek wisata yang berada di luar kota masih terbatas namun backpacker bisa menyewa motor di rental motor yang ada di Jogja dengan tarif yang murah. Dengan sepeda motor witsawan bisa berkelilng menuju objek-objek wisata yang ada di Jogja dan sekitarnya.

  1. Makanan

Untuk makan backpacker tidak perlu khawatir karena makanan di Jogja tergolong murah. Banyak warung-warung yang ada di Jogja yang menjajakan makanan yang lezat tapi murah. Rumah Makan Padang atau Rumah Makan Rata-rata banyak buka di Jogja sehingga wisatawan tidak perlu khawatir mengenai makanan saat berwisata di Jogja. Jika ingin mencoba kuliner khas Jogja bisa membelinya di angkringan yang menjual makanan yang harganya murah meriah.

Demikianlah tips berwisata di Jogja untuk backpacker. Masih banyak tips lainnya yang akan kami bahas dilain kesempatan. Semoga tips di atas bisa membantu backpacker saat wisata di Jogja.

Back to Top